PROFILE COMPANY TRAVELOKA
Profile Company
TRAVELOKA
Nama : Zaskya Setya Putri
NPM : 57415398
Kelas : 4IA22
Dosen : Natallios Peter Sipasulta
UNIVERSITAS GUNADARMA
BEKASI
2018
Perusahaan
traveloka pertama kali didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto
Kusuma, dan Albert Zhang. Ide ini muncul disaat Ferry Unardi sering mengalami
kesulitan dalam pemesanan pesawat, terutama disaat dia ingin pulang ke Padang,
Indonesia dari Amerika Serikat. Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai
mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs
lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs
reservasi tiket pesawat di mana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs
resminya. Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan
segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Pada bulan Juli 2014, jasa
pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.
Pria
kelahiran Padang, 16 Januari 1988 ini setelah lulus sekolah menengah atas
memilih untuk kuliah di Purdue University, Amerika Serikat. Tak
tanggung-tanggung, ia mengambil program Computer Science and Engineering dan
lulus pada tahun 2008. Hebatnya lagi setelah lulus ia sempat bekerja untuk
perusahaan Microsoft di kota Seattle selama tiga tahun sebagai Software
Engineer. Setelah itu ia melanjutkan jenjang master (MBA) di Harvard Business
School selama kurang lebih 1 semester.
Pengalamannya
bolak-balik Indonesia-Amerika selama tinggal di negeri Paman Sam itu
memberikannya ide akan sebuah usaha baru yang juga memanfaatkan perkembangan
internet yang lumayan pesat di Indonesia. Awalnya ia merasa bahwa sangat sulit
mendapatkan tiket pesawat dari Indianapolis ke Padang, kalaupun ada hanya Indianapolis-Jakarta,
dan dari Jakarta mencari lagi ke Padang. Repot? Iya. Belum lagi saat mencari
tiket pesawat di Indonesia lewat website penyedia layanan tiket pesawat,
seringnya stuck dan putus informasi. Sulit mencapai deal karena webnya
tiba-tiba down dan eror, atau tak ada follow up apapun lagi dari agen.
Dari
sini ia melihat peluang emas, jika ia memanfaatkan keahliannya sebagai engineer
di bidang ini, maka ia mampu mengembangkan sebuah website yang kuat dari
maintenance, layout, dan sampai fitur-fiturnya. Ditambah dengan segi
pelayanannya seperti costumer officer yang melayani sampai 24 jam, tentunya
akan sangat memudahkan siapapun yang sedang mencari tiket pesawat.
Akhirnya
bersama dengan dua orang sesama rekan kerja Indonesia di Microsoft, Derianto
Kusuma dan Albert, pun sepakat membangun bisnis Maret 2012 (walau resmi
launchingnya Oktober 2012). Dengan background pendidikan dan pekerjaan yang
mirip, akhirnya mereka bertiga mampu menciptakan bisnis yang dinamakan
Traveloka. Hingga saat ini Traveloka sudah mempekerjakan sekitar 100 orang,
termasuk marketing, IT, finance, human resource, dan lain sebagainya.
Pada
masa awal launching, Traveloka sama sekali tidak dilirik untuk kerjasama lebih
lanjut oleh maskapai penerbangan apapun, jadi hanya menjual tiket pada calon
pembeli, atau semacam reseller saja, tanpa komisi apapun. Hanya saja, setelah
traffic website semakin menanjak dan makin terpercaya, akhirnya maskapai
penerbangan nasional pun mulai tertarik, mereka mau bekerjasama dan dari setiap
transaksi pun ada share profit sebesar 5% untuk Traveloka.
Traveloka
banyak dipercaya costumer karena sistemnya yang lengkap dan 100% transaksinya
pun menggunakan e-payment. Costumer bisa memilih pembayaran untuk booking
pesawat dengan berbagai cara, baik melalui transfer via bank, atau bisa juga
via kartu kredit. Transaksi sangat aman, karena Traveloka berani menjamin bahwa
security adalah prioritas utama mereka, dan tentunya mereka mengikuti peraturan
UU ITE.
Traveloka
menyajikan fitur booking online yang lengkap dengan prosedur serta petunjuk
khusus untuk calon pembeli, dimulai dari persetujuan, entry data, sampai dengan
validasi pembayaran, tersaji lengkap di website Traveloka. Sekarang Traveloka
juga memberikan kemudahan bagi costumer yang ingin booking hotel, sekaligus
dengan booking pesawat atau kereta api. Lebih mudah, lebih praktis dan juga
tentu lebih hemat berkat berbagai promo istimewanya.
Berikut
ini merupakan tampilan awal / Home pada website www.traveloka.com
a) Tampilan Awal atau Home
Pada
tampilan home, pemesan bisa melakukan pendaftaran jika belum pernah melakukan
transaksi juga belum mempunyai akun Traveloka dengan cara Sign-Up. Dan perintah Login
digunakan untuk masuk ke akun traveloka jika sudah mempunyai akun Traveloka.
Pada
tampilan ini, customer dapat bebas
memilih hotel dengan mencari hotel yang ingin dipesan. Customer juga dapat melakukan pemesanan hotel dengan jadwal check-in dan check-out yang dapat diatur juga dilengkapi pemesanan berapa jumlah
kamar yang akan dipesan dan orang yang akan menginap di hotel tersebut.
Selain
hotel, website traveloka juga menyediakan fitur pelayanan pemesanan (booking) tiket pesawat terbang, kereta,
bis, pesawat dan hotel sekaligus.
b)
Tampilan Perusahaan
yang berkerja sama kepada Traveloka
Pada tampilan ini Traveloka memberikan rincian kepada
perusahaan – perusahaan yang berkerja sama kepada Traveloka. Bisa kita lihat
bersama lebih dari 10 perusahaan Hotel ikut bergabung
c) Tampilan promo atau kupon diskon di Traveloka
Sebagai penyedia layanan online terbesar, Traveloka selalu ingin memberikan pelayanan yang
memudahkan masyarakat atau customer
agar selalu nyaman melakukan proses pembelian tiket di website atau aplikasi
Traveloka. Oleh karena itu, Traveloka selalu menyediakan kupon diskon atau
potongan harga bagi para customer
nya.
d)
Mengapa harus
memilih Traveloka?
Selain pelayanan nya yang lengkap, Traveloka juga
dapat menjamin kenapa anda harus memilih Traveloka. Alasannya adalah :
1.
Traveloka mempunyai harga terpercaya dan jujur.
2.
Traveloka memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi melalu
ATM, Kartu Kredit, atau Internet Banking.
3.
Traveloka mempunyai diskon special.
4.
Traveloka memberikan garansi
harga terbaik pada customer yang
melakukan transaksi menggunakan website / aplikasi Traveloka.
5.
Traveloka memiliki review jujur lebih dari 2 juta customer.
6.
Traveloka memberikan garansi
untuk anda jika menginap di hotel agar anda tetap nyaman.
e)
Tampilan apa yang
menarik di Traveloka
Pada
tampilan diatas, kita sebagai customer
dapat menemukan apa saja yang menarik di website Traveloka, seperti : hotel
terbaik, hotel dengan tujuan paling diminati, dll.
f) Tampilan Bottom Bar
Pada
tampilan bottom bar, Traveloka
memiliki fitur (About traveloka,
Products, Others, Payment Partners, dan Follow Us)
Lokasi
Traveloka:
Alamat:
Wisma 77 Tower 2 Lt. 21, Jl. S. Parman Kav. 77, RT.6/RW.3, Slipi, Palmerah,
Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11410
Jam
buka:
Senin (08.00–18.00)
Selasa (08.00–18.00)
Rabu (08.00–18.00)
Kamis (08.00–18.00)
Jumat (08.00–18.00)
Sabtu (Tutup)
Minggu (Tutup)
Provinsi:
Jakarta
Telepon:
0804 150 0308
SUMBER :
Komentar
Posting Komentar