PROFILE COMPANY TRAVELOKA


Profile Company
TRAVELOKA

 


 

Nama      : Zaskya Setya Putri
NPM        : 57415398
Kelas       : 4IA22
Dosen      : Natallios Peter Sipasulta



 

UNIVERSITAS GUNADARMA
BEKASI
2018

Perusahaan traveloka pertama kali didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang. Ide ini muncul disaat Ferry Unardi sering mengalami kesulitan dalam pemesanan pesawat, terutama disaat dia ingin pulang ke Padang, Indonesia dari Amerika Serikat. Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat di mana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Pada bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.
Pria kelahiran Padang, 16 Januari 1988 ini setelah lulus sekolah menengah atas memilih untuk kuliah di Purdue University, Amerika Serikat. Tak tanggung-tanggung, ia mengambil program Computer Science and Engineering dan lulus pada tahun 2008. Hebatnya lagi setelah lulus ia sempat bekerja untuk perusahaan Microsoft di kota Seattle selama tiga tahun sebagai Software Engineer. Setelah itu ia melanjutkan jenjang master (MBA) di Harvard Business School selama kurang lebih 1 semester.
Pengalamannya bolak-balik Indonesia-Amerika selama tinggal di negeri Paman Sam itu memberikannya ide akan sebuah usaha baru yang juga memanfaatkan perkembangan internet yang lumayan pesat di Indonesia. Awalnya ia merasa bahwa sangat sulit mendapatkan tiket pesawat dari Indianapolis ke Padang, kalaupun ada hanya Indianapolis-Jakarta, dan dari Jakarta mencari lagi ke Padang. Repot? Iya. Belum lagi saat mencari tiket pesawat di Indonesia lewat website penyedia layanan tiket pesawat, seringnya stuck dan putus informasi. Sulit mencapai deal karena webnya tiba-tiba down dan eror, atau tak ada follow up apapun lagi dari agen.
Dari sini ia melihat peluang emas, jika ia memanfaatkan keahliannya sebagai engineer di bidang ini, maka ia mampu mengembangkan sebuah website yang kuat dari maintenance, layout, dan sampai fitur-fiturnya. Ditambah dengan segi pelayanannya seperti costumer officer yang melayani sampai 24 jam, tentunya akan sangat memudahkan siapapun yang sedang mencari tiket pesawat.
Akhirnya bersama dengan dua orang sesama rekan kerja Indonesia di Microsoft, Derianto Kusuma dan Albert, pun sepakat membangun bisnis Maret 2012 (walau resmi launchingnya Oktober 2012). Dengan background pendidikan dan pekerjaan yang mirip, akhirnya mereka bertiga mampu menciptakan bisnis yang dinamakan Traveloka. Hingga saat ini Traveloka sudah mempekerjakan sekitar 100 orang, termasuk marketing, IT, finance, human resource, dan lain sebagainya.
Pada masa awal launching, Traveloka sama sekali tidak dilirik untuk kerjasama lebih lanjut oleh maskapai penerbangan apapun, jadi hanya menjual tiket pada calon pembeli, atau semacam reseller saja, tanpa komisi apapun. Hanya saja, setelah traffic website semakin menanjak dan makin terpercaya, akhirnya maskapai penerbangan nasional pun mulai tertarik, mereka mau bekerjasama dan dari setiap transaksi pun ada share profit sebesar 5% untuk Traveloka.
Traveloka banyak dipercaya costumer karena sistemnya yang lengkap dan 100% transaksinya pun menggunakan e-payment. Costumer bisa memilih pembayaran untuk booking pesawat dengan berbagai cara, baik melalui transfer via bank, atau bisa juga via kartu kredit. Transaksi sangat aman, karena Traveloka berani menjamin bahwa security adalah prioritas utama mereka, dan tentunya mereka mengikuti peraturan UU ITE.
Traveloka menyajikan fitur booking online yang lengkap dengan prosedur serta petunjuk khusus untuk calon pembeli, dimulai dari persetujuan, entry data, sampai dengan validasi pembayaran, tersaji lengkap di website Traveloka. Sekarang Traveloka juga memberikan kemudahan bagi costumer yang ingin booking hotel, sekaligus dengan booking pesawat atau kereta api. Lebih mudah, lebih praktis dan juga tentu lebih hemat berkat berbagai promo istimewanya.

Berikut ini merupakan tampilan awal / Home pada website www.traveloka.com
a)      Tampilan Awal atau Home

 
 
Pada tampilan home, pemesan bisa melakukan pendaftaran jika belum pernah melakukan transaksi juga belum mempunyai akun Traveloka dengan cara Sign-Up. Dan perintah Login digunakan untuk masuk ke akun traveloka jika sudah mempunyai akun Traveloka.
Pada tampilan ini, customer dapat bebas memilih hotel dengan mencari hotel yang ingin dipesan. Customer juga dapat melakukan pemesanan hotel dengan jadwal check-in dan check-out yang dapat diatur juga dilengkapi pemesanan berapa jumlah kamar yang akan dipesan dan orang yang akan menginap di hotel tersebut.
Selain hotel, website traveloka juga menyediakan fitur pelayanan pemesanan (booking) tiket pesawat terbang, kereta, bis, pesawat dan hotel sekaligus.

b)      Tampilan Perusahaan yang berkerja sama kepada Traveloka 

 
Pada tampilan ini Traveloka memberikan rincian kepada perusahaan – perusahaan yang berkerja sama kepada Traveloka. Bisa kita lihat bersama lebih dari 10 perusahaan Hotel ikut bergabung

c)      Tampilan promo atau kupon diskon di Traveloka
 
Sebagai penyedia layanan online terbesar, Traveloka selalu ingin memberikan pelayanan yang memudahkan masyarakat atau customer agar selalu nyaman melakukan proses pembelian tiket di website atau aplikasi Traveloka. Oleh karena itu, Traveloka selalu menyediakan kupon diskon atau potongan harga bagi para customer nya.

d)      Mengapa harus memilih Traveloka?
 
Selain pelayanan nya yang lengkap, Traveloka juga dapat menjamin kenapa anda harus memilih Traveloka. Alasannya adalah :
1.      Traveloka mempunyai harga terpercaya dan jujur.
2.      Traveloka memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi melalu ATM, Kartu Kredit, atau Internet Banking.
3.      Traveloka mempunyai diskon special.
4.      Traveloka memberikan garansi harga terbaik pada customer yang melakukan transaksi menggunakan website / aplikasi Traveloka.
5.      Traveloka memiliki review jujur lebih dari 2 juta customer.
6.      Traveloka memberikan garansi untuk anda jika menginap di hotel agar anda tetap nyaman.

e)      Tampilan apa yang menarik di Traveloka
 
Pada tampilan diatas, kita sebagai customer dapat menemukan apa saja yang menarik di website Traveloka, seperti : hotel terbaik, hotel dengan tujuan paling diminati, dll.


f)       Tampilan Bottom Bar
 
Pada tampilan bottom bar, Traveloka memiliki fitur (About traveloka, Products, Others, Payment Partners, dan Follow Us)

Lokasi Traveloka:
Alamat: Wisma 77 Tower 2 Lt. 21, Jl. S. Parman Kav. 77, RT.6/RW.3, Slipi, Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11410
Jam buka:
Senin               (08.00–18.00)
Selasa              (08.00–18.00)
Rabu                (08.00–18.00)
Kamis              (08.00–18.00)
Jumat               (08.00–18.00)
Sabtu               (Tutup)
Minggu            (Tutup)
Provinsi: Jakarta
Telepon: 0804 150 0308










SUMBER :
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-Jenis Grafik (Desain Pemodelan Grafik)

Flowchart Daur Ulang Sampah

PENERAPAN KOMPUTASI MODERN BERBASIS WEBSITE (PIZZA HUT)